Mengupas Tugas Digital Marketing yang Harus Diketahui

Buat Villalovers bingung mengenai pekerjaan seorang digital marketing, mungkin pengalaman salah satu digital marketing ini dapat dijadikan gambaran kamu mengenai ruang lingkup digital marketing.

Digital Marketing profesi yang sedang booming banget dikalangan millenials ini dipicu perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Membuat social media kini menjadi suatu pekerjaan atau keahlian tersendiri.

Mungkin buat kalian yang belum paham, pekerjaan digital marketing adalah pekerjaan mudah. Pengalaman ini mungkin bisa membuat kamu berpikir ulang akan perkataan tersebut.

 Apa sih tugasnya?

Tugasnya mempromosikan produk atau brand melalui social media. Gampangnya, marketing itu biasanya mempromosikan produk mereka melalui event atau secara langsung ke masyarakat. Sedangkan digital marketing ini mempromosikannya lewat social media atau internet. Wah, enak banget dong kerjanya. Ga perlu keliling-keliling?

Senja yang merupakan lulusan sarjana komputer, sudah setahun ini bekerja sebagai digital marketing disebuah perusaahaan retail di Batam. Jadi digital marketing enak? Pertanyaan itu selalu muncul dari orang sekelilinginya. “Iya enak, karna kerjanya di dalam ruangan. Kalau kerjanya? Enak juga kok. Enak disini bukan berarti pekerjaannya mudah dan semudah yang dibayangkan ya”. Ucap Senja saat ditemui disela-sela ia bekerja.

Seorang digital marketing harus memastikan engagement dari akun yang dipegang meningkat dan tepat sasaran. Setiap minggu harus membuat konten yang menarik agar followers antusias. Mulai dari konten interaksi, promosi, informasi, kuis, penulisan caption serta dampak konten yang kita buat menaikkan jumah sales atau tidak. Disini kemampuan analisa dari seorang digital marketing benar-benar diuji. Apalagi kalau memegang akun dengan brand besar yang sudah punya nama. Tanggung jawabnya juga bertambah.

Selain kemampuan analisis, kesabaran seorang digital marketing juga di uji. Seorang digital marketing harus standby dengan handphone. Membalas komentar dan pesan dari customer bahkan ada yang menelfon. Kalimat pujian sih sudah biasa, kalau complain apa yang dirasa? Tetap harus sabar dan ramah. Berikan yang terbaik dan selalu mengutamakan customer.

Kurang lebih itulah yang akan Villalovers kerjakan saat menjadi digital marketing. Kelihaian dalam menganalisis media sosial serta menciptakan konten yang menarik adalah hal utama yang dilakukan dalam pekerjaan ini.